Pages

Subscribe:

Selasa, 14 Januari 2014

Sunnah Bersiwak

Pengakuan Ahli Barat Terhadap Siwak


                Pembaca yang budiman :-)
                Pada zaman yang modern ini banyak sekali diproduksi berbagai merk pasta gigi yang berguna merawat dan menjaga kebersihan gigi dan mulut. Setiap merk selalu dipromosikan dengan keunggulan masing-masing. Nah, apakah pasta gigi itu memiliki kesamaan dengan siwak (dalam segi manfaat)??? Untuk lebih jelasnya kita simak beberapa pengakuan dari ahli-ahli berikut ini.

  • Seorang ilmuwan bernama Roodat, Direktur penelitian tentang kuman dan penyakit menular pada Universitas di Jerman memberikan pernyataan pada sebuah majalah di Jerman edisi ke-4 tahun 1961 sebagai berikut: “ Terdapat banyak hikmah dari penggunaan siwak oleh bangsa Arab. Terutama setelah dibasahi air. Sebab, bila dalam keadaan kering siwak tidak dapat mengeluarkan kandungan zat yang dapat melawan kuman. Kalaupun digunakan dalam keadaan kering, masih terdapat air liur yang mungkin dapat mengeluarkan kandungan zat di dalamnya. Sementara itu, hikmah lain dari mengubah-ubah (merajang) kayu siwak yaitu memunculkan zat (materi) yang ada di dalamnya guna membunuh kuman.”

  • Dr. Maanly mengatakan,” Prngaratan dan pengapuran gigi akan semakin parah jika sikat gigi yang digunakan kering. Tetapi jika dalam keadaan basah, maka sikat gigi dapat mengurangi pengaratan. Oleh karena itu dianjurkan membasahi siwak.”

  • Dr. Kennet Kyudeel mengatakan bahwa siwak mengandung zat yang dapat mencegah ulat gigi. Di depan konferensi Internasional Lembaga Riset tentang gigi yang ke-52, di Atlanta, Amerika. Kennet menyatakan,” Dalam penelitian terhadap orang-orang yang menggunakan siwak, ternyata ditemukan fakta bahwa mereka memiliki gigi yang sehat. Beberapa perusahaan di Inggris dan India telah memproduksi pasta gigi yang di dalamnya dicampurkan zat-zat siwak.”

  • Majalah Kedokteran Gigi Amerika, tahun 1960, mengumumkan: “ Kebanyakan pasta gigi yang digunakan di Amerika tidak sehat dan tidak baik. Siwak mengandung komposisi krist Al-krystal cylis yang keras (yang merupakan zat pembersih kuning pada gigi) yang mencapai 4%, di samping zat-zat pendukung lainnya.”
  •  Universitas Minnesota amerika, dalam risetnya menemukan bahwa orang-orang muslim kulit hitam yang mempergunakan siwak, memiliki gigi dan gusi yang lebih sehat bila dibandingkan dengan orang yang mempergunakan sikat gigi biasa.
  • Hasil penelitian yang dilakukan oleh Oraganisasi Dokter Gigi Militer Amerika Serikat, terhadap siwak, adalah ;terdapat kelebihan dan keunggulan fungsi zat-zat yang berasal dari siwak, dibanding pasta gigi lainnya.
  • Dalam sebuah artikel pada Majalah Al-I’tisham dengan judul: “Siwak menyerang pasar-pasar di Inggris” disebutkan bahwa para dokter gigi di London mengakui adanya pengaruh positif siwak terhadap kebersihan gigi, serta manfaat yang menakjubkan dari siwak yang mampu menangkal berbagai penyakit.
                    Itulah beberapa keunggulan dari siwak yang telah terbukti secara ilmiah. Ternyata Nabi Muhammad SAW telah mengetahuinya sejak zaman dahulu kala jauh sebelum memasuki era modern seperti sekarang ini. Subhanallah.

0 komentar:

Poskan Komentar