Pages

Subscribe:

Kamis, 16 Januari 2014

Hikmah Sholat



Olahraga dalam Sholat

                 

                Pembaca yang budiman :-)
                Sholat memiliki berbagai macam gerakan, meliputi  berdiri, ruku’, sujud, dan duduk. Gerakan-gerakan itu apabila dilakukan dengan sempurna maka akan memberikan manfaat kesehatan yang besar bagi manusia. Seorang pakar olahraga berkebangsaan Mesir, Prof. Ahmad Muhammad Marzuq mengatakan:
Di antara manfaat-manfaat sholat merupakan olahraga yang cocok untuk otot-otot dan persendian-persendian tubuh. Jika kita perhatikan gerakan-gerakan sholat ternyata gerakannya menyerupai system Swedia dalam berolahraga. Sistem gerakan Swedia dalam olahraga kurang lebih berumur 100 tahun, sedangkan sholat telah berlangsung selama lebih dari 1400 tahun.
Bila dibandingkan antara gerakan sholat dan system gerakan Swedia memiliki beberapa kesamaan, namun gerakan sholat lebih pantas untuk semua usia dan jenis kelamin. Sholat diawali dengan takbir yang mengangkat kedua tangan serta menggerakkan persendian kedua bahu ke atas. Gerakan ini sesuai dengan yang dianjurkan oleh system swedia sebagai dasar untuk membuka dada. Gerakan selanjutnya pada sholat adalah ruku’, dalam posisi ini tubuh memperoleh beberapa manfaat, di antaranya: menggerakkan persendian kedua paha, membentangkan tulang punggung, menekan, dan mengencangkan kedua lututdengan kedua tangannya.
Kedua posisi sangat penting bagi kesehatan tubuh. Sehingga system-sistem olahraga meniru gerakan semacam ini. Namun gerakan yang dilakukan dalam olahraga merupakan gerakan tunggal, sedangkan dalam sholat kita dapat melakukan dua gerakan tersebut sekaligus. Inilah salah satu hikmah yang indah dari sholat.

0 komentar:

Poskan Komentar