Pages

Subscribe:

Rabu, 08 Januari 2014

Tidur Sehat

Tidurnya Rasulullah

Pembaca yang budiman,:)
Dalam Islam,segala urusan pasti terdapat tata caranya. Termasuk juga dalam hal tidur yang kelihatannya sepele. Kita dapat meniru tata cara tidur yang benar kepada Rasulullah Muhammad SAW. Nah, berikut ini tata cara tidur Rasul kita..
  • Berwudhu sebelum tidur
        “Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan sholat.” (HR Bukhori Muslim)
  • Membaca doa sebelum tidur
        Rasulullah Muhammad saw jika mau tidur berdoa, “Bismika Allahumma Ahyaa wa Amuut(Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati). Bila bangun tidur berdoa, “Alhamdulillahillaji ahyana ba’da maa ama tanaa wa ilayhinnusur.” (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah kami mati, dan kepada-Nya kami kembali.)” (HR. Muslim)
  • Miring ke sebelah kanan
         Dari al-Barra` bin Azib, Rasulullah Muhammad saw pernah bersabda, "Apabila kamu hendak tidur,maka berwudhulah (dengan sempurna) seperti kamu berwudhu untuk shalat, kemudian berbaringlah di atas sisi tubuhmu yang kanan".
  • Meletakkan tangan di bawah pipi kanan
         “Rasulullah Muhammad saw apabila tidur meletakkan tangan kanannya di bawah pipi kanannya.”(HR Abu Dawud, At Tirmidzi,Ibnu Majah, dan Ibnu Hibban)
  • Membaca tiga surat terakhir dalam al Qur'an
          Aisyah ra. berkata: “Bila Rasulullah Muhammad saw berbaring di tempat tidurnya, beliau kumpulkan kedua telapak tangannya, lalu meniup keduanya dan dibaca pada keduanya surat Al-Ikhlash, Al-Falaq, dan An-Naas. Kemudian disapunya seluruh badan yang dapat disapunya dengan kedua tangannya. Beliau mulai dari kepalanya, mukanya dan bagian depan dari badannya. Beliau lakukan hal ini sebanyak tiga kali.” (HR. At Tarmidzi)
  • Tidur di awal malam
         “Beliau saw tidur di awal malam dan menghidupkan akhir malam.” (Mutafaq ’Alaih)

         “Bahwasanya Rasulullah Muhammad saw membenci tidur malam sebelum (sholat Isya) dan berbincang-bincang (yang tidak bermanfaat) setelahnya.” (HR Bukhari Muslim)
  • Tidak dengan posisi tengkurap
         “Sesungguhnya (posisi tidur tengkurap) itu adalah posisi tidur yang dimurkai Allah Azza Wa Jalla.” (HR. Abu Dawud)
  • Berdoa ketika bangun tidur
       
  • Mengusap bekas tidur
         “Maka bangunlah Rasulullah Muhammad saw dari tidurnya kemudian duduk sambil mengusap wajah dengan tangannya” (HR. Muslim)
  • Bersiwak/menyikat gigi setelah bangun tidur
         “Apabila Rasulullah Muhammad saw bangun malam membersihkan mulutnya dengan bersiwak.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)
Itulah tata cara Rasulullah tidur, mari kita ikuti tata cara beliau. Semoga kita semua mendapatkan berkahnya,amin...

0 komentar:

Poskan Komentar