Pages

Subscribe:

Rabu, 08 Januari 2014

Kebiasaan

'Over Dosis' Makanan

Pembaca yang budiman,:)
Makan dan minum merupakan kebutuhan pokok bagi setiap makhluk hidup. Namun semua itu harus ada batasnya. Nabi Muhammad sendiri pun telah memberi petunjuk agar kita mencegah makan dan minum secara berlebihan. Beliau juga telah memberikan formula khusus yang harus diperhatikan oleh setiap insan.
Dalam suatu hadis Nabi Muhammad SAW bersabda:
    "Tidak ada 'bencana' yang lebih buruk yang diisi oleh manusia daripada perutnya sendiri. Cukuplah seorang itu mengonsumsi beberapa suap makanan yang dapat menegakkan tulang punggungnya. Kalau terpaksa, maka ia bisa mengisi sepertiga dari perutnya dengan makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga sisanya untuk nafasnya."
Dari hadis di atas dapat disimpulkan bahwa dalam tubuh manusia terdapat tiga unsur, yakni makanan (karbohidrat), air, dan udara. Jika ketiga unsur tersebut terpenuhi dengan seimbang maka tubuh akan dapat mengambil manfaatnya dengan maksimal. Namun, jika kita mengonsumsi hal tersebut dengan berlebih tubuh akan sulit untuk mengambil manfaatnya. Yang ada justru tubuh akan lemah, merasa mengantuk, dan malas untuk bekerja.

Efek dari kelebihan makanan (kekenyangan) tidak hanya seperti yang disebut di atas. Bahkan jauh lebih parah dari itu.Seperti yang telah dikatakan Imam Syafi'i berikut:
     "Saya tidak pernah kenyang selama sepuluh tahun kecuali sekali saja, karena kekenyangan akan mengakibatkan tubuh menjadi berat, hati keras, mengurangi kecerdasan, membuat ngantuk, serta melemahkan pelakunya untuk beribadah."
Seperti itulah akibat dari 'over dosis' makanan.

0 komentar:

Poskan Komentar