Pages

Subscribe:

Selasa, 14 Januari 2014

Sunnah Bersiwak

  Bersiwak

    Pembaca yang budiman :-)
    Tahukah Anda mengenai siwak???

Siwak

    Siwak adalah alat yang digunakan untuk membersihkan gigi layaknya sikat gigi yang berasal dari tumbuhan yang mengandung bahan kimiawi guna menjaga kebersihan dan kesehatan mulut dan gigi. Tumbuhan terbaik untuk siwak ini adalah kayu Araak yang berasal dari Jazirah Arab, Syam, dan bagian selatan Mesir. Selain itu tumbuhan Araak juga dapat tumbuh di Iran dan India Timur. Rasulullah sendiri untuk bersiwak juga menggunakan kayu dari pohon Araak. Pohon Araak menyerupai pohon delima yang selalu tumbuh tiap tahun  dan bunganya berwarna kuning kehijauan. Tumbuhan ini memiliki biji seperti kacang kedelai yang dapat dimakan.
    Bersiwak memiliki banyak keistimewaan. Untuk itu Rasulullah telah menyebutnya dalam beberapa hadis berikut ini:
  •     Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda;” Andaikan aku tidak memberatkan niscaya aku perintahkan mereka untuk bersiwak setiap melakukan salat.”
  •    Dari Anas, Rasulullah SAW bersabda;” Aku anjurkan agaer kalian sering bersiwak.” (HR Imam Bukhari)
  •     Dari ‘Aisyah;” Rasulullah tidak pernah tidur, baik malam maupun siang, kecuali bersiwak sebelum berwudhu.”(HR Abu Dawud)
  •      Dari Amir ibnu Rabi’ah;” Saya melihat Rasulullah SAW berkali-kali tidak aku hitung bersiwakan sedangkan beliau berpuasa.”
  •     Dari ‘Aisyah r.a. berkata bahwa Nabi SAW bersabda;” Bersiwak membersihkan mulut diridhai oleh Tuhan.”
Nah, demikianlah Rasulullah telah mencontohkan kebiasaan bersiwak kepada umatnya. Meskipun dalam keadaan berpuasa pun tetap diperbolehkan. Untuk itu, sebagai umat yang taat, kita seharusnya meneladani apa yang telah dicontohkan oleh beliau, Rasulullah SAW.

0 komentar:

Poskan Komentar