Pages

Subscribe:

Kamis, 16 Januari 2014

Wudhu



Memasukkan Air ke Hidung Saat Berwudhu


                Pembaca yang budiman :-)
                Termasuk sunnah Nabi SAW ketika berwudhu adalah memasukkan air ke rongga hidung lalu mengeluarkannya kembali sebanyak tiga kali. Seperti sabda nabi berikut:
Dari Laqith bin Shabrah r.a.; “Saya pernah bertanya kepada Rasulullah, ‘Wahai Rasulullahberi tahu aku tentang wudhu wudhu. Rasul menjawab, ’Sempurnakanlah wudhu, bersihkan antara jari-jari, lakukan istinsyaq (memasukkan air ke dalam hidung), kecuali bila kamu berpuasa’.”
                Mengambil air lalu memasukkannya ke hidung dan mengeluarkannya kembali berguna untuk membersihkan hidung dari kuman, debu, dan kotoran yang menempel. Pada mulanya, kuman sampai ke hidung dan tenggorokan, kemudian masuk ke tubuh, lalu menyebabkan penyakit. Hidung yang dibasuh berulang-ulang ini dapat membantu membersihkan kuman dan melindungi manusia dari penyakit. Hal seperti ini juga sangat bermanfaat dilakukan dalam keadaan pilek/flu dan radang saluran hidung.
Seorang peneliti bernama Muhammad Salim berhasil meraih gelar Master dari Fakultas Kedokteran Universitas Iskandariah dengan studi tentang manfaat medis yang digali dari ibadah wudhu. Hasil studinya mengatakan : “Sesungguhnya cara berwudhu yang baik adalah dimulai dengan membasuh tangan, lalu berkumur-kumur, kemudian mengambil air ke hidung sebanyak tiga kali dan seterusnya.
Peneliti tersebutberhasil menganalisis kesehatan terhadap ratusan hidung dari orang yang sehat yang tidak berwudhu dan ratusan orang-orang yang teratur berwuhu lima kali sehari. Dari penelitian itu ditemukan sebuah kesimpulan, ternyata orang-orang yang tidak berwudhu, warna hidung mereka memudar dan berminyak. Rongga hidungnya memiliki permukaan yang lengket dan berwarna gelap. Adapun orang yang senantiasa berwudhu lima kali sehari, permukaan rongga hidungnya tampak cemerlang, bersih, dan tidak ada debu.
Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa dengan memasukkan air ke hidung sekali saja dapat membersihkan hidung dari separuh kuman. Sedangkan memasukkan air dua kali, dapat menambah 1/3 kebersihan. Jika memasukkan tiga kali, maka hidung benar-benar bersih dari kuman. Hikmah tersebut memperkuat sabda Rasulullah SAW, “ Sempurnakanlah wudhu, lakukan istinsyaq kecuali bila kamu berpuasa.” Secara ilmiah, hidung terjaga bersih selama 3 sampai 5 jam, kemudian kotor kembali, yang kemudian dapat dibersihkan melalui wudhu berikutnya. Demikian itulah salah satu hikmah dari ibadah wudhu yang dibebankan kepada umat manusia. Ternyata terdapat manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tiap insan di dunia ini.

0 komentar:

Poskan Komentar